Sumberdaya
konsumen dan pengetahuan
- Sumber Daya Ekonomi
Sumber daya ekonomi adalah alat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan
manusia yang wujudnya berupa barang atau jasa. Sumber daya ekonomi dibagi
menjadi 4 macam, yaitu:
1. Sumber Daya Alam
Merupakan segala sesuatu yang disediakan oleh alam. Contoh: air, tanah
2. Sumber Daya Manusia
Merupakan segala kegiatan manusia baik fisik maupun rohani yang ditunjukkan
untuk kegiatan produksi. Contoh: Dokter, Direktu
3. Sumber Daya Kewirausahan
Merupakan semangat, sikap, dan perilaku seseorang dalam menangani usaha atau
kegiatan ekonomi sehingga bisa menghasilkan keuntungan. Contoh: Usaha roti
4. Sumber Daya Modal
Merupakan sumber daya yang dibuat oleh manusia baik berupa uang maupun
barang dan digunakan untuk membantu kegiatan produksi. Contoh: Bahan baku,
mixer, dll
Konsumen memiliki 3 sumber daya utama dalam proses pertukaran yang mereka
gunakan dan melalui proses ini pemasar memberikan barang dan jasa, yaitu:
1. Sumber
Daya Ekonomi
Potensi sumberdaya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi pada
dasarnya dapat diartikan sebagai sesuatu atau segala sesuatu sumberdaya yang
dimiliki baik yang tergolong pada sumberdaya alam (natural resources/endowment
factors) maupun potensi sumberdaya manusia yang dapat memberikan manfaat
(benefit) serta dapat digunakan sebagai modal dasar pembangunan (ekonomi)
wilayahtingkat ketergantungan terhadap sumberdaya secara struktural harus bisa
dialihkan pada sumberdaya alam lain.
2. Sumber
Daya Temproral / sementara
- Waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku
konsumen
- Karena konsumen ada suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan
yang sangat pribadi yaitu waktu senggang
- Sumber daya kognitif produk yang diklasifikasikan menurut sifat waktu
konsumen disebut barang waktu ( time goods)
1. Barang yang menggunakan waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya, contoh
menonton tv
2. Barang Penghemat Waktu
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu
leluasa mereka. Contoh : Fast food
3. Sumber Daya Kognitif
Merupakan kemampuan untuk merepresentasikan dunia dan melakukan operasi
logais dalam representasi konsep yang berdasar pada kenyataan. Sumber daya
kognitif menggambarkan kapasitas mental yang tersedia untuk berbagai kegiatan
pengolahan informasi.
- Pengetahuan
Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai
berbagai macam produk serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang
berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
Pengetahuan Konsumen terbagi menjadi 3, yaitu:
1.
Pengetahuan Produk
Merupakan kumbulan berbagai macam informasi mengenai produk. Pengetahuan
ini meliputi katagori produk, merek, terminologi produk, atribut atau fitur
produk, harga produkdan kepercayaan mengenai produk.
Jenis Pengetahuan Produk:
a. Pengetahuan tentang karakteristik atau
atribut produk
b. Pengetahuan tentang manfaat produk
c. Pengetahuan tentang kepuasan yg
diberikan produk kepada konsumen
2. Pengetahuan Pembelian
Pengetahuan pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk
di dalam toko dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut.
Konsumen cenderung lebih senang mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk
berbelanja, karena telah mengetahui dimana letak produk di dalam toko tersebut.
Perilaku Membeli:
1.
Store Contact: Meliputi tindakan mencari outlet, pergi
ke outlet dan memasuki outlet.
2.
Product Contact: Konsumen akan mencari lokasi produk,
mengambil produk tersebut dan membawanya ke kasir.
3.
Transaction
Konsumen akan membayar produk tersebut dengan tunai, kartu kredit, kartu
debet atau alat pembayaran lainnya.
3. Pengetahuan Pemakaian
Suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika produk tersebut
telah digunakan atau dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa memberikan manfaat
yang maksimal dan kepuasan yang tinggi, maka konsumen harus bisa menggunakan
atau mengkonsumsi produk tersebut dengan benar.Produsen berkewajiban untuk
memberikan informasi yang cukup agar konsumen mengetahui cara pemakaian suatu
produk. Pengetahuan pemakaian suatu produk adalah penting bagi konsumen
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar